Sabtu, 18 Mei 2013

7 Kolam Alami Paling Cantik di Dunia

Zacaton Cenote (All Womens Talk)

 Jakarta - Peristiwa terbentuknya kolam alami memang selalu menarik untuk disaksikan. Tanpa campur tangan manusia, inilah 7 kolam alami yang paling cantik di dunia.

Begitu banyak peristiwa alam yang menghasilkan pemandangan yang sedap untuk dipandang. Termasuk juga kolam alami yang terbentuk hasil dari berbagai macam peristiwa alam. Dari begitu banyak kolam yang dihasilkan oleh alam, berikut adalah 7 kolam alami yang paling cantik di dunia, seperti yang dilihat oleh detikTravel dari All Womens Talk, Jumat (27/7/2012):

1. Ginnie Springs, Florida, AS

Adalah Jacques Cousteau, penyelam dunia yang menemukan lubang indah di Florida bagian utara. Lubang alami yang sangat cantik ini dikenal dengan nama Ginnie Springs. Kolam ini memiliki air tawar yang sangat segar. Air tersebut berasal dari 7 mata air yang bermuara ke Ginnie Springs.

Kolam ini juga menawarkan kegiatan air selain berenang. Di sini, Anda bisa tubing, snorkeling, hingga diving. Walaupun hanya kolam, tapi Ginnie Springs memiliki pemandangan bawah air yang sangat indah. Airnya sangat jernih walaupun banyak wisatawan yang datang, terutama saat musim panas seperti saat ini.

Selain itu, Ginnie Springs juga memiliki sebuah gua yang bisa Anda jelajahi dengan cara menyelam. Siapkan alat selam lengkap dengan lampu untuk menyaksikan indahnya alam bawah air di Ginnie Springs.

2. Zacaton Cenote, Tamaulipas, Meksiko

Zacaton Cenote adalah kolam alami khusus untuk traveler 'gila'. Jelas saja, selain karena sulit dijangkau, airnya juga dinilai tidak layak untuk dinikmati. Zacaton Cenote memiliki air yang berasal dari berbagai limbah. Uniknya, kolam ini malah terlihat cantik.

Zacaton Cenote berada di Kota Aldama, timur laut negara bagian Tamaulipas, Meksiko. Berada di antara bukit karst, membuat kolam ini sulit untuk diselami. Zacaton Cenote juga dikenal sebagai kolam alami paling dalam di dunia.

Memang tidak akan ada yang untuk menyelaminya, mengingat kolam ini berisi limbah. Akan tetapi, NASA mencoba menenggelamkan robot untuk mengetahui kedalaman kolam ini. Robot tersebut berhasil mendeteksi bahwa Zacaton Cenote memiliki kedalaman 339 meter.

Walaupun memiliki air yang berasal dari limbah, kolam ini tetap memiliki pemandangan yang menakjubkan. Selain itu, Zacaton Cenote juga tidak berbau. Maka tidak heran jika kolam limbah ini termasuk dalam salah satu kolam alami paling cantik di dunia.

3. Dean's Blue Hole, Bahamas

Kalau yang satu ini adalah sebuah lubang yang berada di tengah laut. Berada di Bahamas, sebuah negara kepulauan di sebelah barat Florida, Amerika Serikat. Lubang Biru Dean's lahir karena proses pencairan es di zama dulu. Ini adalah lubang tengah laut paling dalam di dunia dengan kedalaman 400 meter.

Memiliki lebar sekitar 300 meter membuat lubang ini menjadi favorit para wisatawan yang ingin berenang dan menyelam. Pemandangan di sekitanya sangat indah begitu juga alam bawah lautnya.

4. Laguna Biru, Islandia

Tidak semua kawasan Islandia bersuhu dingin. Buktinya adalah Laguna Biru yang memiliki air mineral yang hangat. Lokasi ini memang berbanding terbalik dengan hampir seluruh kawasan di sana. Suhu rata-rata di Laguna Biru sekitar 40 derajat celcius.

Hampir sebagian wisatawan yang sudah pernah datang ke Laguna Biru adalah mereka yang mengidap beberapa penyakit kulit. Kolam alami ini memang dikenal memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi. Selain kehangatan dari airnya, pemandangan di Laguna Biru dijamin bisa mengusir stress.

5. Yangbajain Hot Springs, Tibet, RRC

Sepanjang tahun, Yangbajain Hot Springs di Tibet, China menawarkan kolam indah yang hangat. Pada musim panas saja, kolam ini ramai disinggahi oleh wisatawan. Saat musim dingin, jumlahnya meningkat 3 kali lipat.

Hangatnya air di Yangbajain Hot Springs dapat meningkatkan sirkulasi darah, membuka pori-pori, dan masih banyak manfaat lainnya. Oleh karena itu, pengelola saat ini sudah membangun kolam indoor sebagai fasilitas tambahan selain kolam di luar yang masih dipertahankan kealamiannya.

6. Mabinay Spring, Filipina

Mabinay Spring terletak di Pulau Negros Oriental, Filipina. Alami, indah, dan sejuk adalah kata-kata yang datpat mewakili kolam alami yang satu ini. Pemandangannya sangat cantik, terutama saat daun-daun berguguran di musim semi.

Ini adalah pemandian air panas paling populer di Filipina. Selain pemandangannya yang mampu menarik wisatawan, Mabinay Spring juga gratis selama sepanjang tahun. Jadi dapat dibayangkan ramainya pemandian alami ini setiap harinya.

7. Danau Ubur-ubur, Palau

Ubur-ubur ternyata tidak hanya ada di laut saja. Cobalah sambangi Danau Ubur-ubur di Koror, Palau, sebuah pulau kecil di sebelah timur Filipina. Tidak tanggung-tanggung, ada sekitar 10 juta ubur-ubur di sini. Wow!

Danau Ubur-ubur mungkin masih kalah pamor dengan destinasi lainnya di dunia, tapi ini adalah surga bagi fotografer bawah air. Ubur-ubur tersebut terlihat sangat lucu, menari-nari di antara para penyelam yang datang. Mereka sangat akrab dengan wisatawan yang datang, seakan lupa dengan kemampuan menyengatnya.

Kolam alami ini juga dianggap 'berbahaya' karena mampu membuat setiap orang yang datang pasti enggan untuk pulang. Danau Ubur-ubur terlihat sangat alami berkat pohon-pohon rindang di sekelilingnya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar