Sabtu, 18 Mei 2013

Ingin yang Segar di Gunungkidul? Datang ke Air Terjun Sri Gethuk!

Air Terjun Sri Gethuk (Fadila Adelin - d'Traveler)

 Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi kalau Gunungkidul memiliki banyak sekali destinasi wisata. Jika Anda ingin sesuatu yang bisa menyegarkan diri, Gunungkidul mempunyai Air Terjun Sri Gethuk. Airnya penuh kesegaran!

Air Terjun Sri Gethuk berada di kawasan Padukuhan Menggoran, tepatnya di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Jika Anda pernah berkunjung ke Gua Rancang Kencono, air terjun ini berada tidak jauh dari lokasi wisata tersebut.

Nama Air Terjun Sri Gethuk juga dikenal dengan Air Terjun Slempret. Nama tersebut diberikan bukan tanpa alasan. Konon, dahulu kala sering sekali terdengar suara gamelan yang diyakini milik Raja Jin Slempret, Angga Mendura. Di malam-malam tertentu, masyarakat juga sering mendengar bunyi-bunyian seperti slompret, alat musik tradisional yang mirip dengan terompet dari arah air terjun itu. Tapi jika suara itu didekati, suara tersebut akan menghilang. Oleh karena itu, masyarakat menyebutnya Air Terjun Slempret.

Ketika cuaca panas seperti saat ini, Air Terjun Sri Gethuk memiliki kesegaran yang tidak ada habisnya. Jika air terjun di tempat lain akan kehabisan air di musim kemaru, Air Terjun Sri Gethuk tetap memancarkan air yang penuh dengan kesegaran.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter, seperti yang dikutip detikTravel dari situs pariwisata Indonesia, Rabu (25/7/2012). Uniknya lagi, Sri Gethuk memiliki dua cabang di sela-sela tebing. Air tersebut kemudian mengalir deras secara terus menerus ke Sungai Oya.

Tiga mata air yang berada di sekitar Sri Gethuk membuat air terjun yang satu ini seakan tidak pernah mengalami kekeringan. Air yang jernih mengalir deras dari Mata Air Dung Poh, Ngandong, dan Ngumbul. Hal tersebut mampu megundang banyak sekali wisatawan untuk datang dan menikmati kesegarannya.

Deburan airnya saja mampu memberikan ketenangan batin bagi siapa saja yang mengunjunginya. Airnya sangat jernih dan cukup dingin, mungkin karena air tersebut berasal dari mata air. Selain itu, Air Terjun Sri Gethuk juga memiliki pemandangan hijau yang mampu menyejukkan mata.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar