Sabtu, 18 Mei 2013

Ini Dia Air Terjun Paling Tinggi di Dunia

Angel Falls dilihat dari jauh (populartourismplace.com)

Jakarta - Berketinggian hampir 1.000 meter membuat sebuah air terjun di Venezuela mendapatkan gelar sebagai air terjun paling tinggi di dunia. Saking tingginya, air terjun ini diberi nama Angel Falls atau yang berarti air terjun malaikat.

Di ujung Gunung Auyantepui di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela, Amerika Selatan, air terjun ini mengalirkan air dari ketinggian 979 meter. Nama air terjun ini sebenarnya diambil dari nama pilot yang pertama kali terbang untuk mencari tambang emas pada tahun 1963, seperti yang dikutip dari Wikipedia pada Kamis (19/7/2012). Pilot tersebut bernama James Crawford Angel kemudian melihat air terjun tersebut dan mendaratkan pesawat tidak jauh lokasi. Untuk mengenang penemuannya, maka air terjun tersebu diberi nama Angel Falls.

Akan tetapi, ada juga wisatawan yang mengartikan tempat ini sebagai air terjun malaikat karena ketinggiannya. Tinggi air terjun ini memang tidak main-main, yaitu mencapai 979 meter. Oleh karena tingginya yang hampir 1 km membuatnya seperti ada malaikat yang akan jatuh dari puncak gunung.

Saat air sedang banyak-banyaknya terjun dari atas, jangan pernah untuk berdiri persis di bawah air dengan maksud untuk merelaksasikan badan seperti yang bisa Anda lakukan di air terjun lainnya. Jika Anda memaksakan itu, bukan kesegaran yang bisa didapat, tapi malah justru sakit yang bisa Anda rasakan.

Saat musim panas, Angel Falls menyuguhkan fenomena yang unik. Pada saat itu, volume air aka menurun sehingga airnya sudah habis sebelum sampai di dasar. Air tersebut membias seakan hilang entah ke mana. Oleh warga sekitar, fenomena ini dinamakan "falls of the deepest place" atau jatuh ke tempat terdalam.

Pemandangan indah tentu tidak hanya tersaji di bawah air terjun saja, tapi juga di puncaknya. Tidak perlu bersusah payah mendaki, sebab Anda bisa menikmati pemandangan tersebut dengan menggunakan pesawat. Nikmati Taman Nasional Canaima dari udara dengan membayar USD 60 atau sekitar Rp 570.000. Air terjun akan terlihat seperti kain putih yang halus di antara tebing coklat. Nikmati juga hutan yang hijau diselimuti dengan kabut putih, maka pemandangan tersebut akan menghipnotis Anda.

Selain pengalaman terbang yang seru, Anda juga bisa menikmati taman nasional ini lebih lama. Anda bisa mengikuti paket tur 3 hari 2 malam dari beberapa agen travel. Paket tersebut biasanya sudah termasuk trekking dan bermain kano. Saat paling tepat mengunjungi tempat ini adalah sekitar bulan Mei hingga November.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar