Minggu, 15 Mei 2016

Ternyata Ada 6 Gunung Berapi Bawah Laut Di Indonesia

Setelah membahas tentang 7 gunung berapi bawah laut didunia, selanjutnya saya akan  membahas gunung berapi bawah laut di Indonesia. Sebenarnya Indonesia memiliki banyak gunung berapi dan sebagian tercatat yang paling berbahaya didunia karena letusannya. Hal ini tidaklah cukup mengherankan karena Indonesia terletak antara dua rangkaian gunung berapi aktif (Ring of Fire). Laut Indonesia juga memiliki gunung berapi, ada 6 yang baru ditemukan.
Berikut 6 gunung berapi bawah laut di Indonesia:
1.       GUNUNG SUBMARINE 1922
 

Gunung ini berada di kabupaten Sangir, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Berdekatan dengan kota Tahuna, Gunung berapi ini memiliki lokasi geografi antara 40 dan 60 LU serta antara 1240 dan 1260 BT. Submarine pernah meletus pada tahun 1922 dan sampai sekarang dinyatakan masih aktif.

2.       GUNUNG MAHANGETANG
 
Lokasi Mahangetang berada di wilayah perairan pulau Mahangetang salahsatu pulau di gugusan kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Masyarakat setempat menyebutnya gunung Banua Wuhu dan merupakan gunung vulkanik yang masih aktif. Puncak Mahangetang berada sekitar 6-8 meter di bawah permukaan laut.

3.       GUNUNG NIEUWERKERK
 

Terletak dibawah laut di Laut Banda, Indonesia. Nieuwerkerk bersama gunung berapi Emperor of China membentuk punggung gunung bernama NEC didasar laut. Punggung NEC terbentuk di kedalaman antara 3.100 – 2.700 meter (10.170-8.858 ft) di bawah permukaan laut.

4.       GUNUNG EMPEROR OF CHINA 
 
Emperor of China adalah gunung berapi bawah laut di sebelah barat Laut Banda, Indonesia. Gunung api ini adalah bagian dari rangkaian gunung api Nieumerkerk, yang secara ilmiah dikenal dengan gugusan Emperor of China- Nieuwerkerk (NEC). Dengan lokasi berada di kedalaman 3.100 – 2.700 meter di bawah permukaan laut.

5.       GUNUNG HOBAL (1999 meter)
 
Secara administratif gunung Hobal terletak di Kecamtan Atedai, Kabupaten Flores bagian timur, Nusa Tenggara timur. Merupakan gunung berapi bawah laut yang masih aktif.

6.       GUNUNG KAWIO BARAT
 

Gunung yang terletak di laut sangihe, dimana kedalaman laut sangihe bisa mencapai 5.100 meter dari permukaan laut. Gunung dengan tinggi sekitar 3.200 meteryang puncaknya berada sekitar 1.900 meter dibawah permukaan laut. Beberapa sumber berpendapat bahwa gunung Kawio Barat merupakan gunung Bawah Laut tertinggi di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar