Sabtu, 23 November 2013

Fenomena Alam


Quote:1.Pelangi Bulan
Ingat dengan lagu Vidi Aldiano "Pelangi di Malam Hari?" Pelangi biasa keluar karena dispersi cahaya matahari , sehingga dianggap mustahil keluar saat malam hari. Namun ternyata bukan tidak mungkin pelangi bisa muncul karena cahaya bulan. Karena cahaya bulan amat lemah , maka pelangi bulan hanya dapat terjadi pada bulan purnama dan langit harus benar benar gelap sehingga kadang sukar diamati.
 
 2.Pasang Biru
Mungkin anda pernah mendengar "Pasang Merah" atau "Ride Tide" yg disebabkan oleh ledakan populasi alga merah? Pasang merah bisa menakutkan karena mengandung alga beracun. Namun ledakan populasi alga merah bernama Noctiluca scintillans justru sangat indah. Saat malam tiba , alga ini akan membuat air laut tampak menyala kebiruan.
 
 Quote:3.Tornado Api
Tambahkan api dgn aing puting beliung dan anda akan mendapatkan tornado api. Fenomena alam menakutkan ini terbentuk ketika api membentuk pusaran dengan udara disekitarnya yang lebih dingin. Menyeramkan sekali ya Bila tornado api ini hingga menyambar rumah atau bahkan orang.

 
   Quote:4.Pilar Cahaya
Pilar cahaya hanya dapat terlihat didaerah beriklim dingin , dimana kristal es diudara yg sangat dingin bertemu dgn cahaya matahari atau bulan sehingga menciptakan kenampakan seperti pilar yang menjunjung langit.
 
Quote:5.Bulan Berwarna
Bulan yg berwarna biru , merah hingga oranye dapat saja terjadi apabila terdapat perubahan pada atmosper . Misalkan saja letusan gunung Krakatau pada abad 19 pernah membuat bulan tampak biru karena kepulan asap dan debu vulkaniknya
 Quote:6.Awan Gulung
Roll Clouds atau awan gulung merupakan jenis formasi awan yang luar biasa unik namun sangat jarang dijumpai. Di australia , formasi awan ini disebut Morning Glory. Wah, kalo terjadi di indonesia mungkin udh dijadiin pertanda kiamat kali ya hehe.


Quote:7.Badai Pasir
Badai Pasir atau Sand Storm terlihat menakjubkan dan mengerikan. Ukuran badai ini luar biasa besar hingga dapat terlihat diluar angkasa. Badai pasir biasa menelan kota-kota yang terletak dipadang gurun seperti di Timur Tengah dan Arizona , Amerika Serikat.

8.Awan Mammatus
Awan ini berbentuk sangat aneh dan dikatakan menyerupai payudara wanita, karena itu disebut mammatus clouds. Awan ini dapat terlihat apabila akan terjadi badai petir yang besar namun bagaimanapun bentuknya blm dpt dimengerti sepenuhny
Quote:9.Pelangi Api
Pelangi api adalah awan sirrus (awan yg berbentuk seperti serabut kapas yg berwarna warni). Pelangi api bisa terjadi ketika awan sirrus yg dingin dan mengandung kristal es disinari oleh cahaya matahari yang panas.

Quote:10.Aurora
Fenomena menakjubkan ini hanya dapat terlihat didaerah lingkar kutub utara dan selatan bumi dan disebabkan oleh tumbuhan partikel yg dikluarkan matahari dengan medan magnet bumi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar