Jumat, 29 November 2013

Jika Gunung Es Mencair


Jika Gunung Es Mencair Gadis

Bumi yang kian panas tentu saja berdampak negatif bagi keadaan alam. Salah satu yang terkena dampak dari global warming ini adalah gunung-gunung es raksasa yang terdapat di Kutub Utara dan Kutub Selatan. Contoh nyatanya adalah terlepasnya sebuah pulau es seluas 260 km2, dari gletser Petermann, Greenland pada bulan Agustus 2010 kemarin. Apa ya akibatnya kalau makin banyak pulau dan gunung es yang mencair?
  • Bisa mengganggu pelayaran dan lalu lintas laut. Seperti pulau es yang terlepas dari gletser Peterrman ini, kalau terdampar sampai ke perairan Kanada, ditakutkan akan menyebabkan banyak kapal yang terganggu perjalanannya. Seram kan kalau tiba-tiba ada kapal yang tenggelam karena menabrak pulau es seperti Titanic?
  • Menenggelamkan dan menghilangkan pulau-pulau lainnya. Yap, ini bisa banget terjadi karena menurut para ahli di abad ini saja kenaikan air laut bertambah sekitar 1 meter dan sudah menenggelamkan beberapa gugusan pulau kecil.
  • Menyusahkan hewan di kutub utara dan selatan. Para hewan yang hidup di pulau dan gunung es ini seperti beruang kutub dan penguin mengalami kerugian yang paling parah. Soalnya gunung es ini adalah tempat tinggal mereka dan kawasan mencari makan. Kabarnya ada lho, beruang kutub yang harus berenang selama 9 hari demi mencari makan gara-gara peristiwa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar